Jenis – Jenis Ukulele (1)

Ukulele ada 4 jenis berdasar ukurannya. Mulai dari yang paling kecil biasa disebut soprano, lalu yang lebih besar concert, tenor, dan yang paling besar baritone. Apa beda 4 ukulele ini selain ukurannya? Suara! Jadi nggak cuma beda ukuran, tapi suaranya juga beda. Selain 4 ukuran di atas, ada lagi 1 ukuran, namanya sopranino, atau pocket ukulele. Kenapa “pocket”? Karena ukurannya kecil, lebih kecil daripada soprano yang notabene adalah ukulele normal yang paling kecil. Tapi karena namanya “pocket”, nggak berarti ukulele ini bisa dimasukin kantong. Dan kalau dibandingin sama 4 ukuran lainnya, pocket ukulele ini lebih susah dicari, lebih langka.

Ukulele size copy

Ukuran ukulele itu ditentukan bukan dari panjangnya (length), tapi dari ukuran scale. Apa bedanya? Lihat gambar di bawah ini.

Scale n length

Nah, jadi length itu diukur dari headstock sampai ujung body, karena itu nggak bisa dijadikan acuan. Kenapa? Karena length bisa bervariasi, misalnya karena headstock yang emang sengaja dibuat lebih panjang, atau jenis body yang memang dibuat beda, ini jelas bisa berpengaruh ke length. Sedangkan scale yang diukur dari nut sampai bridge, ukurannya udah fix, jadi mau length-nya berapapun, scale ini yang jadi acuan ukuran. Di bawah ini saya sertakan ukuran standar length dan juga scale.

tabel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s