Bagian – Bagian Ukulele

Kali ini saya mau bahas tentang bagian – bagian ukulele, mulai dari atas yaitu headstock, sampai body, dan saya coba jelasin tentang bagian – bagian ukulele ini.

 

Ukulele Parts

BodyBody ini bagian utama di ukulele, terdiri dari 3 bagian, top/soundboard (bagian atas ukulele), side (bagian samping), dan back (bagian belakang). Body ini bis

terbuat dari 2 jenis kayu lho, solid dan laminate. Penasaran apa bedanya? Sabar, semua bakal saya jelasin pada saatnya😀 . Intinya, dua jenis kayu ini menghasilkan suara yang berbeda.

Strings – Dari namanya udah jelas banget. String itu senar ukulele. Senar ukulele awalnya dibuat dari gut/catgut (terbuat dari usus kambing atau domba) dan nylon. Tapi sekarang senar yang banyak dipakai adalah senar sintetis / nylgut, jadi campuran antara nylon dan gut.

Headstock – Headstock itu kepalanya ukulele, bagian ukulele yang ada di ujung neck. Di headstock ini ada tuner dan juga biasanya ada merk dari si ukulele.


Nut –
Nut ini posisinya ada di antara headstock dan fretboard, yang bentuknya kayak lempeng tipis warna putih. Nut ini fungsinya buat menahan senar agar senar – senar ukulele ada pada posisi yang benar.Tuner – Bagian yang satu ini penting banget buat nyetem ukulele, atau kerennya buat tuning. Jadi kalau nggak ada bagian yang satu ini, ukulele nggak bakalan in tune. Tuner punya nama lain tuning peg, tuning key, atau peghead.

Neck – Leher ukulele, bagian ukulele yang panjang tempat merekatnya fretboard, dan juga penghubung headstock  dan body. Jadi jangan salah ya, neck itu yang di bagian belakang, yang tebel, bukan bagian depan dimana kita main chord.

Fretboard – Fretboard ini ada di depannya neck, lebih tepatnya nempel di neck. Nah, kalau senar ukulele ditekan sampai menyentuh fretboard, maka akan keluar nada, yang berbeda – beda trgantung di fret mana senar ditekan.

Fret – Fret adalah logam tipis yang ada di fretboard, yang menandakan nada berbeda tiap fret.

Fret Marker – Fret marker adalah tanda di fretboard, yang paling umum itu berbentuk titik putih, bisa diganti tanda lain, tapi intinya fret marker ini buat tanda fret tertentu, biasanya buat tanda fret 5, fret 7, fret 10, dan fret 12.

Soundhole – Lubang di body ukulele, di bagian top. Biasanya berbentuk lingkaran, dan biasanya ada di belakang senar persis. Tapi ada juga yang nggak persis di belakang senar. Lubang ini jadi tempat keluarnya suara yang dihasilkan body. Dimana posisi soundhole ini nggak mempengaruhi suara yang keluar.

Soundport – Soundhole yang letaknya di bagian samping body, punya nama lain sidehole.

Bridge – Di bagian top ukulele ada kayu yang nempel, yang posisinya di bawah soundhole, itu namanya bridge. Bridge ini  berfungsi buat nahan senar dan men-transfer ­getaran dari senar ke body.

Saddle – Di bridge ada bagian yang biasanya berwarna putih, tempat bersandarnya senar sehingga senar (dalam keadaan bebas) nggak menyentuh fretboard.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s