Ukulele

Tak kenal maka tak sayang.

Pepatah di atas nggak cuma berlaku buat manusia aja, buat alat musik juga gitu. Jadi ayo kita kenalan dulu sama alat musik unik yang satu ini!

ukulele beach2

sumber

Ukulele itu alat musik yang identik dengan Hawaii, tapi apakah asli dari Hawaii? Cek di sejarah ukulele.

Mungkin ada yang berpikiran kalau ukulele itu sama aja kayak gitar kecil yang biasa dipakai pengamen. Itu kurang tepat. Jadi, setelah satu tahun saya main ukulele, saya bikin kesimpulan.

Syarat pertama dari ukulele adalah punya 4 senar. Yang biasa dipakai pengamen ini punya dua nama , cuk atau cak. Cuk atau cak ini alat musik khas pada keroncong. Cuk sendiri cuma punya 3 senar, sedangkan cak sama seperti ukulele, punya 4 senar. Yang penasaran sama dua instrumen ini, bisa klik di sini dan di sini. Jadi ukulele dan cak dan cuk ini berbeda, walaupun asal muasalnya sama.

Nah, syarat yang kedua, ukulele itu kecil. Ukuran ukulele itu kecil, jauh lebih kecil kalau dibandingin sama gitar. Kalau ada alat musik yang bentuknya mirip gitar, ukurannya besar dan punya 4 senar, 100% bukan ukulele.

Jadi kesimpulannya, 4 senar + mirip gitar + kecil = ukulele. Dan buat tambahan info aja, ukulele ini juga sering disebut dengan nama uke (baca : yuk).

One response to “Ukulele

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s